18 April 2021

ASN Inspektorat Daerah Ikuti Rapid Test

Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Inpspektorat  Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti Rapid Test, Rabu (19/8/2020).

Inspektur Daerah H. Heriansyah, melalui Kasubag. Umum Ketatalaksanaan dan  Kepegawaian Muhammad Hasmiana mengatakan, rapid test dilaksanakan kepada Seluruh ASN sebagai deteksi dini dan sebagai langkah antisipasi pencegahan Covid-19 di lingkungan Instansi Pemerintah.

Petugas dari Dinas Kesehatan dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap melakukan uji rapid tersebut kepada para peserta. Mereka diambil sampel darahnya diuji di laboratorium.

“Kita melakukan tes sejumlah ASN dilingkungan Inspektorat Daerah Kukar. Dari Pagi hingga siang hari, dan hasilnya bisa diketahui pada siang hari ini. Metodenya dengan pengambilan plasma darah. Sampel darah diambil lalu diuji di laboratorium,” tutur dr. Adam mewakili tim penguji dari Dinas Kesehatan Kukar.

Rapid test ini dilaksanakan sebagai skrining awal untuk melihat kondisi antibodi sebelum dilakukan pemeriksaan lanjutan apabila terjadi hasil yang reaktif. Bagi peserta yang reaktif, maka tes dilanjutkan dengan pengambilan swab.Hasilnya, dikirim ke laboratorium.

“Jadi nanti akan muncul dua kategori yakni reaktif dan non reaktif. Bagi yang reaktif, akan kita tindak lanjuti dengan pemeriksaan lanjutan berupa pengambilan swab yang akan kita kirimkan hasilnya ke laboratorium,” lanjutnya. (Humas/Itda)