7 Juli 2022

Inspektorat bersama dengan BPKP Perwakilan Kaltim mengadakan Bimtek Penilaian Kapabilitas APIP

Spread the love

Tenggarong, Inspektorat Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kapabilitas APIP. Acara dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 11-12 April 2022 di Ruang Rapat Inspektorat Kabupaten Kutai Kartaneara.

Acara dipimpin langsung oleh Inspektur Kabupaten Kutai Kartanegara (H. Heriansyah,S.E.,M.Si) dan juga Narasumber dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur.

Kapabilitas APIP merupakan kemampuan untuk melaksanakan tugas – tugas pengawasan yang terdiri dari tiga unsur yang saling terkait yaitu kapasitas, kewenangan, dan kompetensi SDM APIP yang harus dimiliki APIP agar dapat mewujudkan peran APIP secara efektif.

Tujuan diselenggarakannya acara Bimbingan Teknis ini adalah untuk meningkatkan level pengawasan menuju ke level 3 dari yang sebelumnya level 2. Peningkatan Kapabilitas APIP merupakan upaya memperkuat, meningkatkan, mengembangkan kelembagaan, tata laksana/proses bisnis/manajemen dan sumber daya manusia APIP agar dapat melaksanakan peran dan fungsi APIP yang efektif.

Ibu Diana selaku narasumber menyampaikan bahwa untuk meningkatkan level kapabilitas ini harus melalui langkah-langkah mulai dari tahap persiapan, self Assesment atau penilaian mandiri sampai dengan langkah verifikasi oleh BPKP.

Untuk memenuhi PK APIP level 3, dokumen yang dipenuhi melalui aplikasi harus dari level 1 dan 2 dengan catatan dokumen-dokumen tersebut adalah yang terbaru atau terupdate.

Target dari pelaksanaan Bimtek ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk menaikkan Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi level 3,”jelas Inspektur. (Humas/Itda)