17 Oktober 2021

Inspektorat Ikuti Rakor Evaluasi Implementasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi melalui Virtual yang digelar Kemenpan RB

Spread the love

Tenggarong – Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) melalui Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan melaksanan Rakor Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi  tahun 2021 secara Virtual (30/08/2021).

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yang diwakili Asisten I Akhmad Taufik Hidayat didampingi Plt. Asisten II Setkab. Kukar Wiyono, Kabag. Organisasi dan Tatalaksana Suhada, Sekretaris Inspektorat Daerah H. Halim, serta beberapa perwakilan pendamping dari perangkat daerah yang sudah ditentukan.

Asisten I dalam paparannya menyampaikan bahwa pelaksanaan reformasi birokrasi di Kutai Kartanegara sesuai dengan 13 rekomendasi hasil evaluasi tahun sebelumnya telah dilaksanakan dan ditindaklanjuti, diantaranya dengan terbentuknya tim Bekias Kabupaten hingga tim bekias perangkat daerah.

Terkait dengan rekomendasi optimalisasi penerapan e-goverment dilingkungan Pemkab Kukar sudah dilaksanakan penyusunan grand design pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan mengintegrasikan beberapa aplikasi, hal ini juga sudah diawali dengan penyusunan Blue Print E-Goverment pada tahun 2019 yang rencananya tahun 2022 akan disusun grand desain SPBE.  saat ini dampak pandemi covid-19  terkait pelaksanaan reformasi birokrasi bidang pelayanan publik dilakukan dengan memanfaatkan dan menyesuaikan layanan masyarakat berbasis elektronik.

Mewakili Inspektorat Daerah Kukar Halim (Sekretaris) menyampaikan bahwa terkait dengan reviu pelaksanaan PMPRB di bidang kinerja sudah ditindaklanjuti, terkait kepatuhan LHKASN  Kukar sudah 96%, pelaksanaan SAKIP juga sudah dilaksanakan sesuai rekomendasi, begitu juga dengan SPIP saat ini dalam tahap asistensi ke perangkat daerah, adapun peningkatan kemampuan dan keterampilan kapabiltas APIP saat ini juga sudah disiapkan untuk meningkat peran pengawasan yang lebih efektif. (Humas/Itda)