16 Juni 2021

Inspektorat Kukar lakukan Koordinasi Kepatuhan penyampaian LHKASN

Tenggarong- Dalam rangka pencegahan dini terhadap terjadinya tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), sesuai Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Nomor  1 Tahun 2015  tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Terkait hal tersebut maka Inspektorat  melaksanakan koordinasi terkait kepatuhan  penyampaian LHKASN bagi ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, adapun OPD yang jadi tujuan yaitu di Kecamatan Sanga-Sanga (17/03/2021)

Saat ini di Kecamatan Sang-Sanga sesuai data yang ada di aplikasi siharka terdapat 17 ASN yang belum menyampaikan laporan LHKASN sama sekali,”Ungkap Herlina Kasubag. Evaluasi dan Pelaporan

Data tersebut saat ini kami perlu lakukan koordinasi ulang lagi, dikarenakan siapa tahu ada ASN yang pindah/mutasi, kemudian pensiun atau sudah meninggal, untuk itu kami pandang memang sangat penting sekali update data langsung ASN yang ada di Kecamatan Sanga-Sanga, terkait LHKASN,”jelasnya.

Pada prinsipnya kami sangat mendukung sekali pihak Inspektorat turun langsung ke wilayah kami untuk memantau kepatuhan penyampaian LHKASN, untuk data memang ada perubahan dikarenakan memang ada ASN yang mutasi maupun yang meninggal dunia, data tersebut sudah disiapkan oleh Kasubag. Kepegawaian kami,” ungkap Sekretaris Camat Sanga-Sanga.

Apabila ada menemui kesulitan terkait pengisian dan pelaporan LHKASN kami akan siap membantu, kawan-kawan ASN di wilayah Kecamatan Sanga-Sanga agar kepatuhan penyampaian laporan bisa segera dilaksanakan,”tambah Herlina.

Bersama ini juga kami sampaikan sesuai surat edaran Sekretaris Daerah, bahwa batas akhir penyampaian LHKASN yaitu pada tanggal 31 Maret 2021, setelah itu rekapitulasi akan kami sampaikan ke Pak Sekda, yang nantinya bagi ASN yang belum menyampaikan akan dikenakan sanksi,”pungkasnya. (Humas/Itda)