17 Oktober 2021

Inspektorat melaksanakan Reviu RKA-P tahun anggaran 2021

Spread the love

Tenggarong – Inspektorat Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan Reviu RKA-P dari tanggal 31 Agustus – 03 November 2021.

Reviu RKA-P ini dilaksanakan sebagai implementasi ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 tentang Reviu Atas Dokumen Perencanaan Pembangunan dan Anggaran Daerah Tahunan yang telah direncanakan dalam PKPT.

Tujuan Reviu RKA adalah untuk memberikan keyakinan terbatas (limited assurance) bahwa informasi dalam KUA/PPAS, RKA-P telah disusun dengan sistem pengendalian internal yang memadai dan sesuai ketentuan penyusunannya baik proses maupun substansinya.

Tujuan Reviu secara lebih detail adalah untuk memberi keyakinan terbatas mengenai akurasi, keandalan dan keabsahan.

Perumusan dokumen rencana pembangunan dan anggaran tahunan daerah sesuai dengan tata cara dan kaidah-kaidah perencanaan dan penganggaran, antara lain pendekatan perencanaan dan penganggaran terpadu berbasis kinerja dan kerangka pengeluaran jangka menengah serta telah dilengkapi dengan dokumen pendukung,”ungka Heriansyah selaku Inspektur disela pengarahan tim.

Pemerintah pusat melalui Menteri Dalam Negeri memerintahkan percepatan implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) sebagaimana telah diatur dalam Permendagri 70/2019,”Jelasnya.

Tim yang melakukan reviu ke seluruh perangkat daerah terbagi beberapa tim, karena Inspektorat merupakan APIP oleh sebab itu tugas yang diberikan harus dilaksanakan  sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku, (Humas/Itda)