26 Mei 2020

Inspektorat Tingkatkan Kapabilitas APIP dengan Self Assesment

TENGGARONG, Inspektorat yang meningkatkan Kapabilitas APIP dari level 2 ke Level 3, akan mulai dengan segera melakukan penilaian mandiri (self Assesment) terhadap upaya peningkatan kapabilitas yang telah dilakukan selama ini.

Demikiaan ditegaskan oleh Sekretaris Inspektorat, Edy Mardian Rabu (1/2) di Ruang Rapat Inspektorat kemarin  dalam pembukaan Pelatihan Kantor Sendiri  (PKS) Self Assesmet .

“Kita akan berupaya meningkatkan level kapabilitasInspektorat  menjadi level 3, karena itu pelatihan ini kita harapkan dapat diikuti dengan baik sehingga nanti apa-apa yang diperlukan kita dapat persiapkan dengan baik,” ucap Edy Mardian.

Pelatihan Self Assesment tersebut dilakukan pada Key Proses Area yang memerlukan perbaikan (Improvement Area) dalam rangka meningkatkan Level Kapabilitas APIP Kabupaten Kutai Kartanegara yang saat ini berada pada level 2 menjadi level 3.

Dalam pelatihan tersebut diberikan langsung oleh Tim Program Peningkatan dan Pembinaan APIP BPKP Perwakilan Kalimantan Timur, yang langsung datang ke Kutai kartanegara melakukan pembinaan kepada Auditor, P2UPD dan pejabat struktural yang ada di Inspektorat.

Dalam PKS Inspektorat tersebut, Ketua Tim, Harry Bowo menyampaikan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi dari semua tingkatan level mulai dari level 1 hingga level 5. Dalam penjelasannya, dalam level I, kapabilitas APIP tergantung pada kinerja individu saja, pada level 2 kinerja APIP  bersifat tetap dan dilakukan berulang-ulang saja.  Pada Level 3 telah dilakukan secara profesional dan telah dibuatkan audit internal yang seragam.  Pada Level 4 audit internal yang dilakukan telah diintegrasikan ke seluruh organisasi untuk memperbaiki tata kelola dan manajemen resiko dan level 5 yaitu audit internal yang ada terus memperbaiki diri   baik ke dalam maupun keluar.

Untuk Kutai kartanegara sendiri yang saat ini masih berada pada level 2, menurut Harry Bowo, yang perlu dibenahi adalah pembenahan infrastruktur dan sosialisasi perangkat tersebut ke seluruh unit organisasi.

“Kedua hal tersebut, yang perlu dilakukan, kalau  Inspektorat Kukar ingin  beranjat ke level 3, dan untuk mewujudkan hal tersebut, Inspektorat perlu membentuk Tim Khusus untuk mengawal peningkatan kapabilitas APIP ini,” ujarnya. (timinspk)