17 Oktober 2021

Inspektur dampingi Wakil Bupati Kukar di acara Launching Pengelolaan MCP dan Rakorwasdanas tahun 2021

Spread the love
Tenggarong – Selasa (31/8), di Ruang Vidcom Bupati Kutai Kartanegara (Kukar)  Inspektur Kutai Kartanegara Heriansyah dampingi Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin dalam acara peluncuran atau Launching Pengelolaan Bersama Monitoring Centre for Prevention (MCP), sekaligus Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Secara Nasional (Rakorwasdanas) tahun 2021.
Dalam Acara tersebut juga diadakan launching aplikasi sistem informasi pengawasan inspektorat jenderal (Siwasiat) oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Acara ini diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), yang sepakat menjalin kerjasama dalam pengelolaan MCP. Dengan tujuan untuk memperkuat kerjasama pencegahan tindak pidana korupsi (Tipikor).
Kegiatan ini juga diikuti Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota se Indonesia, dengan harapan bersama pimpinan daerah dapat memperkuat aksi pencegahan korupsi, serta terbangunnya kesamaan persepsi dalam pengelolaan keuangan daerah. selain dihadiri  wakil bupati juga ada Sekretaris Inspektorat dan pejabat terkait lainnya.
Tito mengamanatkan serta menginginkan agar seluruh pimpinan daerah dapat melihat dengan jeli dan teliti setiap perencanaan APBD tingkat II agar betul-betul bisa paralel selain sesuai dengan kebutuhan nyata masyarakat , juga paralel dengan program Nasional. kedepan agar penganggaran harus tepat sesuai dengan program yang betul-betul menyentuh kepentingan masyarakat.
Terkait dengan aplikasi Siwasiat juga disampaiakn bahwa sistem ini merupakan sistem informasi pengawasan yang dibangun oleh Inspektorat Jenderal Kemendagri untuk memenuhi kebutuhan pengawasan di era digitalisasi pemerintahan. dalam kesempatan ini juga diadakan diskusi panel pemantapan pembinaan dan pengawasan pemerintah daerah. (Humat/Itda)
Sumber :prokomkukar