26 September 2021

Inspektur wakili Pemkab. Kukar Terima Penghargaan Progres Penyelesaian Tertinggi TLRHP BPK Semester I/2021

Spread the love

Tenggarong,  Kegiatan Rekonsiliasi Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Semester I Tahun 2021 merupakan kegiatan rutin yang diadakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memiliki tugas pokok melakukan pemeriksaan atas tanggung jawab pengelolaan keuangan negara. Hasil pemeriksaan BPK yang meliputi pemeriksaan keuangan, PDTT, dan kinerja disampaikan kepada lembaga perwakilan setiap semester di dalam Ikhtisar Hasil Pemeriksaan,” Jelas Dadek Nandemar Kepala Perwakilan BPR-RI Kaltim pada saat acara penutupan, Jum’at (25/06/2021)

Penyampaian Ikhtisar Hasil Pemeriksaan tersebut meliputi ringkasan hasil pemeriksaan selama satu semester dan pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan serta pemantauan penyelesaian kerugian negara/daerah,” lanjutnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota di wilayah Kalimantan Timur ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari dimulai pada tanggal 21 s.d. 25  Juni 2021 bertempat di Aula Kantor Perwakilan. Selama lima hari pembahasan mengenai data tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan, dapat disampaikan perkembangan entitas dalam menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan BPK.

Pada saat acara penutupan Kepala Perwakilan BPK RI Kaltim menyampaikan ranking progres yang berhasil ditindak lanjuti masing-masing Inspektorat dilingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, berdasarkan hasil tersebut disampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menempati peringkat pertama dari 10 Kabupaten/Kota Se Kalimantan Timur  atas progres penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (TLRHP) BPK semester I tahun 2021 sebesar 6,42%.

Sebagai bentuk apresiasi atas TLRHP maka BPK RI Perwakilan Kaltim memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yang diwakili oleh Inspektur Daerah  H. Heriansyah atas prestasi yang dicapai.

Ini merupakan langkah awal usaha Pemkab Kukar untuk berusaha menyelesaikan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK, masih ada tantangan kedepan untuk mendorong penyelesaian TLRHP dengan melibatkan pihak terkait,”ujar Heriansyah.

Hal ini juga sesuai dengan arahan Bupati Kukar bahwa perlu kerjasama stake holder untuk membantu menyelesaikan TLRHP yang ada, agar kinerja Pemerintah Kutai Kartanegara semakin baik sesuai visi misi Renstra Idaman,”lanjutnya. (Humas/Itda)