15 Juli 2020

Notisi BPKP Perwakilan Kaltim terhadap kinerja PDAM Kukar, Inspektorat adakan rapat koordinasi

Tenggarong (11/06/ 2020) diadakan rapat koordinasi untuk tindaklanjuti notisi BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur atas hasil evaluasi kinerja PDAM Tirta Mahakam Kab. Kutai Kartanegara tahun buku 2019 yang bertempat di ruang rapat sekretaris daerah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Ada beberapa evaluasi dan saran yang diajukan dan harus diikuti untuk meningkatkan kinerja dan tingkat kesehatan oleh PDAM Tirta Mahakam Kab. Kutai Kartanegara,” ujar H. Sunggono (Sekretaris Daerah) dalam sambutan membuka rapat koordinasi tersebut.


PDAM harus Menyusun Renbis periode 2019 s.d 2023 dan RKA sesuai Permendagri 118 Tahun 2018, Meningkatkan pengawasan terhadap kualitas air sesuai Permenkes 736 tanggal 18 Juni 2010, memasang water meter induk pada setiap IPA, mengupayakan agar pelanggan dapat dilayani dengan tekanan di atas 0,7 bar,” tambahnya.

Melakukan penerapaan water meter pelanggan secara berkala, Menekan tingkat kebocoran riil agar mendekati kebocoran 20%, meningkatkan cakupan pelayanan teknis dengan memperluas jaringan distribusi, terutama untuk wilayah-wilayah yang belum terdapat jaringan PDAM,” ujar Heriansyah selaku Inspektur dalam tanggapanya dirapat tersebut

kedepan agar PDAM dapat Melakukan reklasifikasi pelanggan secara berkala, enganggarkan biaya dan meningkatkan kompetensi pegawai melalui sarana diklat, workshop atau pelatihan lainnya, serta meningkatkan kecepatan waktu penyambungan pelanggan baru ,”jelasnya lagi. (Humas/Itdakukar)