18 April 2021

Serah terima pengelolaan SP4N Lapor dari Inspektorat ke Diskominfo Kukar

Tenggarong – Bertempat diruang rapat Aji Imbut Kantor Bupati Kutai Kartangara (Kukar), pada Rabu (24/02/2020) dilaksankan serah terima pengelolaan SP4N Lapor dari Inspektorat Daerah ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Serah terima merupakan hasil daripada kegiatan Forum Grup Diskusi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, berdasarkan dengan peraturan yang ada kegiatan pengelolaan SP4N Lapor menjadi hal yang harus dikerjakan, sedangkan pengelolaan disesuaikan dengan kebijakan masing-masing Pemerintah Daerah,”Jelas Suhada selakuk Kepala Bagian Organisasai Sekretariat Bupati Kutai Kartanegara.

Sebelum ini dilaksanakan kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak Inspektorat, menyesuaikan dengan regulasi yang ada, sehingga pada hari ini dilaksanakan pertemuan lintas OPD, sekaligus memfasilitasi acara serah terima pengelolaan SP4N Lapor,”tambahnya

Secara umum SP4N Lapor saat ini memang dikelola oleh Inspektorat, yang mana pada saat itu tepatnya pada tahun 2019 hasil dari komunikasi dengan pihak Kemenpan-RB disarankan untuk sementara langsung dikelola oleh Inspektorat, yang mana fungsinya sebagai APIP,”ungkap Halim Sekretaris Inspektorat.

Kemudian pada tahun 2020 kita juga masih mengelola secara manual, dengan melakukan koordinasi dengan OPD terkait sesuai dengan pengaduan /laporan yang masuk ke sistem SP4N Lapor, metode yang kita lakukan dengan menyampaikan surat aduan/laporan yang kemudian apabila ada jawaban dari OPD terkait, maka langsung kami input ke sistem sebagai bentuk tindak lanjut dari laporan yang ada,”Jelas Herlina Widaningsih Kepala Sub.Bagian Evaluasi dan Pelaporan Inspektorat Kutai Kartanegara yang juga bertindak sebagai admin SP4N Lapor Kabupaten.

Serah terima pengelolaan ini ditandai dengan penandatangannan berita acara serah terima antara Inspektorat Daerah  dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara, yang disaksikkan oleh Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Untuk memudahkan pengelolaan, Inspektorat akan tetap terus mendampingi Diskominfo untuk transfer knowledge terkait pengelolaan sistem SP4N Lapor, dan diharapkan kedepan semua laporan/aduan yang masuk agar dapat segera ditindaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku,”Pungkas Suhada. (Humas/Itda)